18 Apr 2014
*** SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KEMENTERIAN PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL ***
KEMENTERIAN PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL
REPUBLIK INDONESIA
Jl. Abdul Muis No.7, Jakarta Pusat, Telp/Fax : (021) 3500 334

Budidaya Rumput Laut, KPDT Siapkan Rp33 M

Waktu
: 30/05/2011 11:07:35
Sumber
: inilah.com
Budidaya Rumput Laut, KPDT Siapkan Rp33 M

INILAH.COM,Makassar - Kementrian Pembangunan daerah Tertinggal (KPDT) RI mengalokasikan dana sebesar Rp33 miliar tahun 2011 untuk pembudidayaan rumput laut.

Staf Ahli Menteri PDT Bidang Iptek, Bambang Sarwono mengatakan salah satu tugas kementrian PDT adalah peningkatan ekonomi masyarakat, sehingga diberikan bantuan berupa fasilitas.

"Pembangunan untuk masyarakat terpencil membutuhkan biaya yang cukup besar tetapi kita memilih yang paling tepat agar peningkatan ekonomi masyarakat bisa teratasi secara sistemik," kata Bambang dalam acara Wokshop koordinasi dan fasilitasi dan kemitraan usha pengembangan rumput laut, di Makassar, Kamis (26/5/2011).

Bambang menambahkan, bantuan diberikan utamanya di daerah terpencil yang kebanyakan daerah pesisir dengan usaha budidaya rumput laut diharapkan, ke depan mereka bisa mengembangkan sentra rumput laut yang merupakan industri hulu. Mereka sudah terbiasa dan jika suatu saat industri itu bergeser menuju hilir, mereka membutuhkan teknologi.

Untuk wilayah Indonesia Timur sementara ini ada 33 kabupaten di tjuh provinsi yakni Sulsel, Sulbar, Sultra, Sulteng, Maluku, maluku Utara, dan NTT serta NTB.

Setiap kabuapten akan mendapatkan bantuan sebesar satu miliar. Dana itu belum termasuk dari enam Kementrian diantaranya Kementrian Perindustrian, Perikanan, Perdagangan dan Koperasi. Ia mencontohkan, bantuan dari Kementrian Perdagangan akan menyiapkan gudang. [hid]

Link : http://ekonomi.inilah.com/read/detail/1549712/budidaya-rumput-laut-kpdt-siapkan-rp33-m



KPDT On Youtube
Publikasi
Polling
Pendapat Anda tentang kinerja Kementerian PDT?
Partisipasi | Lihat Hasil